Mkhitaryan Bercerita Soal Pengalamannya Dilatih Mourinho

By ommed


nusakini.com - Sudah bukan rahasia lagi kalau Jose Mourinho merupakan sosok pelatih yang kerap menuntut banyak hal dari pemainnya. Dan hal yang sama juga dirasakan Henrikh Mkhitaryan kala memperkuat Manchester United beberapa tahun lalu.
Sekarang Mkhitaryan sedang tidak berkiprah di Inggris. Pemain asal Armenia tersebut tengah menjalani masa pinjamannya di klub raksasa Italia, AS Roma, dan sudah mencatatkan 13 kali penampilan dalam ajang Serie A musim ini.
Tidak banyak orang yang memiliki keberuntungan seperti dirinya di dunia sepak bola. Sebab dalam rentanng waktu cukup lama, Mkhitaryan pernah merasakan dilatih oleh pelatih yang saat ini dikenal sebagai terbaik di dunia.
Ya, Mkhitaryan pernah dilatih Mourinho selama dua musim. Dan sebelumnya, ia juga merasakan pengalaman diasuh Jurgen Klopp sewaktu masih memperkuat Borussia Dortmund.
Pada sebuah kesempatan, Mkhitarnya bercerita soal pengalaman diasuh Mourinho dan Klopp dan menjelaskan perbedaan antara keduanya. Ia mengatakan bahwa Mourinho membuat karir sepak bolanya menjadi terasa berat.
"[Hubungan saya] dengan Mourinho adalah yang paling rumit di dalam karir sepak bola saya; dia merupakan pemenang secara alami," ujar Mkhitaryan kala berbincang kepada Yevgeny Savin.
"Dia ingin anda menang dan anda melakukan apa yang ia minta, itu sulit bagi semua orang. Perbedaan pendapat dan konflik pun terjadi, tapi tidak memberikan dampak yang besar atas kerja keras dan tiga trofi yang kami menangkan," lanjutnya.
Ya, dalam rentang waktu dua setengah tahun, Mourinho sukses mempersembahkan tiga trofi sekaligus ke Manchester United. Tiga trofi tersebut berasal dari ajang Liga Europa, Carabao Cup, serta Community Shield.
Setelahnya, Klopp menceritakan soal pengalamannya dilatih oleh Jurgen Klopp sewaktu masih di Borussia Dortmund. Apa yang dialami olehnya jelas berbanding terbalik dari masa membela Manchester United.
Klopp, di mata seorang Mkhitaryan, bukan cuma sebatas pelatih. Lebih dari itu, pria berdarah Jerman tersebut sudah ia anggap sebagai teman. Berkat Klopp juga ia jadi paham soal sepak bola yang sesungguhnya.
"Klopp adalah seorang teman, seperti seorang ayah atau kakak bagi saya. Saat saya meninggalkan Dortmund, saya jadi mulai memahami sepak bola sepenuhnya," tambahnya.
Dan sekarang, Mkhitaryan sedang bersenang-senang di AS Roma. "Saya memilih Roma untuk merasakan kesenangan lagi," pungkas pemain yang masih berstatus sebagai pemain Arsenal tersebut. (b/om)